Rabu, 07 Desember 2016

Tornado

hai... teman-teman kalian pasti sudahtidakasinglagi dengan yang namany tornado. angin berputar yang memiliki kekuatan dan diameter cukup besar. kalian tahu tornado terjadi tidak hanya di daratnamun juga dapat terjadi di laut. di darat pun tornado tidak hanya angin biasa, namun juga ada yang dikenal sebagai tornado api. nah dalam hal ini fisika aan mengungkap bagaimana tornado api dapat terbentuk.
berikut proses terjadinya tornado api,

Udara panas yang terus menerus menghantam bumi akan menyebabkan suhu tanah meningkat. Dan ketika suhu panas meningkat, udara panas dan lembab yang ada di udara akan mulai naik dan semakin naik.
selanjutnya, ketika udara panas, udara lembab dan dingin memenuhi udara kering, dan terangkat ke atas, kemudian akan masuk ke lapisan udara atas. Pada fase ini sebuah awan petir mulai tercipta.
nah hal ini menyebabkan, pergerakan udara keatas yang terjadi sangat cepat dan adanya angin dari sisi samping menyebabkan arah yang berbeda dan membentuk sebuah pusaran. 
dari pusaran tersebut timbul sebuah kerucut hasil putaran udara yang berpilin tersebut mulai terbentuk dan terlihat dari awan ke permukaan tanah. seperti berikut hasil dari pergeraka udara tersebut.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar