Rabu, 07 Desember 2016

Fisika Dalam Bidang Pertanian

ü   Radiasi
  Radiasi adalah salah satu teknologi yang dihasilkan oleh adanya penerapan ilmu fisika dalam bidang teknologi. Dalam ilmu fisika , radiasi dapat didefinisikan sebagai suatu proses perpindahan energi melalui sebuah pancaran dalam suatu ruangan tertentu.  Penggunaan teknologi radiasi memang sangat berguna karena salah satu aplikasi ini dapat digunakan untuk mengatasi berbagai masalah dalam bidang pertanian Indonesia. Penggunaan radiasi dalam bidang pertanian memang ada banyak sekali contohnya, salah satu contoh aplikasi ini adalah untuk mengatasi serangan hama pengganggu tanaman pertanian yang dapat menurunkan kuantitas dan kualitas dari hasil pertanian.
 
ü pengairan (Fisika berkenaan dengan fluida, mekanika fluida)
Pengairan wilayah pertanian menggunakan pompa untuk distribusi air. Pompa merupakan mekanisme yang menerapkan asas fisika berupa kelestarian momenmomentum atau menerapkan persamaan hukum newton. Halini terlihat pada mekanisme kerja impeller pompasentrifugal.
Text Box: Gambar 1.1. impeller 
Pompa sentrifugal
Satu cara untuk menambah energi kepada fluida cair adalah dengan memutar fluida tersebut dalam arahmelingkar. Gaya yang mengakibatkan sebuah objek terlempar keluar dalam gerak melingkar disebut gaya sentrifugal.Bagian pompa yang memutar flluida cair disebut impeller.Fluida cair mengalir melalui inlet pompa dan masuk kedalam titik  pusat impeller. Selanjutnya impeller akan menggerakkan fluidatersebut dalam gerak melingkar, Fluida cair akan didorong darititik pusat menuju bagian terluar dari bibir impeller seperti yangditunjukkan gambar 1.2. Semakin cepat impeller berputar, akansemakin cepat fluida cair bergerak.
Impeller disusun darirangkaian vanes atau blade, yang berfungsi untuk mengarahkanaliran fluida).Gaya centrifugal mendorong fluida cair menjauhi titik pusat impeller. Selanjutnyafluida cair memasuki rumah pompa ketika terlempar keluar dari bagian terluar impeller tersebut. Ketika fluida cair memasuki rumah pompa, kecepatannya akan berkurang.Berkurangnya kecepatan fluida cair akan menaikkan tekanan fluida cair.Pada saat gaya centrifugal menggerakkan fluida cair menjauhi pusat impeller, daerah bertekanan rendah akan terbentuk pada pusat impeller. Terbentuknya daerah bertekananrendah pada pusat impeller selanjutnya akan mampu mengalirkan fluidacair dari systemmasuk kedalam impeller. Pada pompa centrifugal, fluida cair digerakkan oleh gaya centrifugaldari daerah bertekanan rendah di pusat impeller menuju daerah bertekanan tinggi di Discharge  pompa.
ü     Aplikasi pengolahan lahan. (Konsep fisika dengan cabang termodinamika dan mekanika)

  Pengolahan lahan menggunakan perlengkapan alat-alat berat bermotor. Motor pada dasarnya menerapkan konsep fisika yaitu siklus termodinamika berupa siklus Otto dan siklus Diesel.
ü     Aplikasi pengolahan hasil pertanian. (mekanika fluida, listrik dan termodinamika)

Pengolahan hasil pertanian misalkan mesin pengering merupakan aplikasi fisika di bidang pertanian. Mesin pengering bisa bermacam-macam. Pengering yang menggunakan burner menerapkan konsep fisika dengan kaidah pembakaran. Teknologi modern menerapkan pengering tipe microwave, pemanfaatan gelombang mikro untuk mengeringkan produk pertanian. Selanjutnya tipe pengering dengan heater listrik. Atau bisa juga menggunakan pengering tipe hybrid yang menerapkan asas siklus termodinamika dalam menghasilkan udara kering, contohnya seperti penggunaan AC yang dimanfaatkan sisi panasnya, khusus untuk tipe hybrid sisi dingin dimanfaatkan untuk menghasilkan udara kering. Hasilnya adalah udara kering yang panas.

2 komentar: